oleh

BPBD Donggala Target Bantuan Stimulan Selesai Juli

-Daerah-1.772 views

PENATEGAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala menargetkan Bulan Juli 2021, seluruh bantuan pasca gempa bumi 28 September 2018, selesai disalurkan.

Kepala Pelaksana BPBD Donggala, Dr. IR. H. Akris Fattah Yunus, M.M mengatakan, target tersebut diyakinkan selesai setelah pemerintah Kabupaten Donggala dibawah kepemimpinan Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, S.H., M.H mengambil kebijakan dalam penyaluran dana stimulan dengan memilih lima bank sebagai penyalur dana stimulan.

“Ada lima bank yang menyalurkan dana stimulan yakni, BPD, BRI, BNI Mandiri dan Syariah Mandiri,” terang Dr. Akris di ruang kerjanya, Kamis (1/4).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Donggala menjelaskan, sampai bulan Desember 2020, BPBD Donggala, telah menyalurkan dana stimulan senilai Rp.482.880.000.000 atau 97,82 persen. Adapun sisanya senilai Rp. 10.775.000.000, atau 2,18 persen diperuntukkan untuk pembangunan 485 unit rumah layak huni bagi penyintas yang penyelesaiannya dikebut sampai bulan Juli 2021 mendatang.

“Intinya persentase terbesar dalam penyaluran dan pencairan dana stimulan,Kabupaten Donggala berada di posisi pertama dengan persentase 97,82 persen, posisi kedua Kabupaten Parigi Motong dengan persentase kurang lebih 93 persen, ketiga Kabupaten Sigi dengan persentase 65.31 persen dan Kota Palu kurang lebih 57 persen,” ungkap Dr. Akris.

Selain penyaluran dana stimulan yang ditransfer ke rekening masyarakat, Dr. Akris juga mengungkapkan jumlah rumah rusak berat di Kabupaten Donggala berdasarkan data awal, BPBD Donggala mencatat ada 21.378 unit.

Dengan jumlah tersebut maka, pada tahun 2019, BPBD Donggala telah menangani sebanyak 899 unit rumah rusak berat. Namun, data tersebut terus bertambah setelah BPBD Donggala melakukan pemutakhiran data pada bulan Desember 2019 – 30 Maret 2020 yang jumlahnya mencapai 24.094 unit.

“Berarti Donggala ada ke tambahan data rumah rusak berat sebanyak, 4.500 unit,” ucap mantan Kadis Pekerjaan Umum Kabupaten Donggala.

Sampai saat ini menurut Kalak BPBD Donggala, jumlah rumah rusak berat yang telah dinyatakan selesai penanganan-nya sebanyak 20.479 unit.

Kalak BPBD Donggala pastikan dengan ketersediaan anggaran, bulan Juli 2021 telah rampung 100 persen bantuan ini tersalurkan kepada masyarakat.

Dengan jumlah persentase dan capaian tersebut sehingga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menilai Kabupaten Donggala sebagai salah satu daerah dapat memperlihatkan progress yang lumayan bagus.

Ini terbukti setelah BPBD Donggala mendapat undangan guna mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diselenggarakan BNPB dalam rangka penanganan bencana khususnya, perbaikan rumah rusak akibat gempa bumi yang dipaparkan Wakil Bupati Donggala, Moh. Yasin, S.Sos.

Dengan penjelasan tersebut maka, Dr. Akris berharap masyarakat yang belum mendapat bantuan stimulan untuk sejenak bersabar. “Yang jelas berdasarkan data yang ada, akan segera di selesaikan penyaluran-nya dengan batas waktu hingga bulan Juli 2021 mendatang. (Adam) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.