oleh

Proyek Pembangunan Terminal Pelabuhan Donggala Ditandatangani

-Daerah-647 views

PENATEGAS – Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Republik Indonesia (RI) mengunjungi Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka Penandatanganan Naskah Hibah dan Berita Acara Serah Terima (BAST), sebagian tanah dan jalan di Anjungan Gonenggati Isemapa Maipiapa untuk pembangunan Terminal Pelabuhan Donggala.

Pelaksana Tugas (Plt), Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Ir. Arif Toha Tjahjagama, DEA bersama rombongan tiba di Kabupaten Donggala disambut oleh Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, S.H., M.H di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Selasa(14/9).

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma’mun Amir yang hadir dalam rombongan Dirjen Perhubungan Laut mengatakan, Sulawesi Tengah (Sulteng) merupakan penyangga yang dapat memasok sebagian besar kebutuhan pemerintahan dan masyarakat ibu kota negara baru di Pulau Kalimantan.

Dengan terbangunya Pelabuhan Terminal Donggala, diharapkan dapat mendukung konektivitas transportasi yang moderen juga mampu memberikan efek percepatan bagi rantai distribusi dan kemajuan antar wilayah, ucap Wakil Gubernur.

Penandatanganan Naskah Hibah dan Berita Acara Serah Terima (BAST) sebagian Tanah dan Jalan di Anjungan Gonenggati Isemapa Maipiapa untuk pembangunan Terminal Pelabuhan Donggala.

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, S.H., M.H dalam sambutannya, bahwa Pelabuhan Terminal Donggala berada di Anjungan Gonenggati, Kelurahan Kabonga Kecil, Kecamatan Banawa, letaknya sekira dua kilometer dari pelabuhan lama Donggala.

Kasman Lassa menjelaskan rencana pembangunan Terminal Pelabuhan Donggala dimulai dengan proses pembahasan yang panjang, karena merupakan salah satu proyek strategis nasional. Atas nama pemerintah Kabupaten Donggala kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas kepercayaan kepada Kabupaten Donggala untuk membangun Pelabuhan Terminal di Anjungan Gonenggati Isemapa Maipiapa, ucap Bupati Kasman.

Sementara Plt. Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Ir. Arif Tola Tjahjagama, DEA dalam sambutannya mengatakan, Kementerian Perhubungan berkomitmen transportasi laut harus dikembangkan secara kolaborasi dengan daerah.

Proyek pembangunan pelabuhan terminal Donggala akan dimulai November mendatang dengan anggaran senilai Rp. 450.000.000.000 (empat ratus lima puluh milyar) yang merupakan bantuan Kementerian Perhubungan RI. Setelah melakukan pertemuan, Bupati Donggala bersama Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melakukan peninjauan lokasi rencana pembangunan Terminal Pelabuhan Donggala. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed