oleh

Universitas Al Ahgaff Yaman, Markaz Lughoh Arabiah Buka Ujian Seleksi Mahasiswa Baru

-Daerah-295 views

PENATEGAS – Universitas Al Ahgaff Yaman, Markaz Lughoh Arabiah Al Ahgaff Yaman dan Ribat Alawiyah Yaman membuka ujian seleksi mahasiswa baru tahun ajaran 2021. Pembukaan ujian mahasiswa baru yang digelar di Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Kecamatan Dolo dihadiri Bupati Kabupaten Sigi, Muhamad Irwan, S. Sos., M. Si, Rabu, (15/9).

Dalam sambutannya, Muhamad Irwan mengatakan, Pembukaan ujian mahasiswa baru Universitas Al Ahgaff Yaman, Markaz Lughoh Arabiah Al Ahgaff Yaman adalah kegiatan untuk mencerdaskan anak bangsa khususnya anak-anak kita di Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Sigi.

“Kegiatan ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Pemerintah Daerah sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan yang difasilitasi Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Madinatul Ilmi yang sampai saat ini berjalan sesuai visi dan misi Pemda Sigi yaitu, Sigi religi yang mengutamakan ruang pendidikan agama, untuk membangun Sumber daya Manusia,” ucap Bupati Muhamad Irwan.

Universitas Al Ahgaff Yaman, Markaz Lughoh Arabiah Al Ahgaff Buka Ujian Seleksi Mahasiswa Baru
Bupati Kabupaten Sigi, Muhamad Irwan, S. Sos., M. Si bersama Pimpinan Pasantren Madinatul Ilmi, Habib Ali Hasan Al Jufri dan Direktur Maktab perwakilan Universitas Al Ahgaff Indonesia, Habib Hasan Husen Aljufri saat membuka kegiatan seleksi mahasiswa baru Universitas Al Ahgaff Yaman, Markaz Lughoh Arabiah Al Ahgaff Yaman, Ribat Alawiyah Yaman.

Sementara itu, Pimpinan Pesantren Madinatul Ilmi, Habib Ali Hasan Al Jufri, mengatakan, ujian seleksi untuk masuk Universitas Al Ahgaff telah dilaksanakan dari tahun dari 2009 dan dilakukan setiap tahunnya. Seleksi untuk Universitas Al ghaff, tidak hanya dikhususkan untuk santri Madinatul Ilmi, melainkan juga dibuka untuk umum dan santri dari pesantren lainnya.

Habib Ali Hasan Al Jufri mengisahkan, Universitas Al Ahgaff berdiri sebagai langkah nyata dari gagasan para ulama’ terkemuka yang dipelopori oleh Al Allamah Al Habib Abdulloh bin Mahfudz Al-Haddad (Alm), Mufti Provinsi Hadramaut kala itu.

Demi terwujudnya tujuan utama, yaitu membangun sarana pendidikan Islam yang bermutu bagi masyarakat Muslim dunia dengan pola pendidikan yang mampu mencetak Sarjana Muslim yang prospektif dan mumpuni dalam segala aspek kehidupan, yang berasaskan ruh Islam Ala Ahlussunnah Wal Jama’ah.

“Universitas ini resmi berdiri pada tahun 1994melalui SK Menteri Pendidikan Yaman Nomor: 5 tanggal 8 Februari Tahun 1994. Dan pada tahun 1995, Universitas Al Ahgaff resmi menjadi anggota Persatuan Universitas Liga Arab dan juga anggota Asosiasi Universitas Islam, ucap Habib Ali Hasan Al Jufri.

Hadir dalam kegiatan pembukaan ujian seleksi mahasiswa baru, Direktur Maktab perwakilan Universitas Al Ahgaff Indonesia Habib Hasan Husen Al Jufri, Pimpinan Pesantren Al Khairaat Madinatul Ilmi, dan para peserta yang mengikuti ujian seleksi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed