Kepala BNN Donggala Harap Penggiat P4GN Meningkatkan Kapasitas

Pendidikan143 views

PENATEGAS – Kepala BNN Kabupaten Donggala, AKBP. Abire harap penggiat Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dapat meningkatkan kapasitasnya setelah para peserta mengikuti workshop.

Hal tersebut diungkapkan AKBP. Abire saat membuka Workshop Penggiat P4GN di Palu Golden Hotel, Kamis (10/08/23). “Penggiat P4GN adalah orang terpilih yang memberikan sumbangsih tanpa pamrih untuk memberikan pemahaman bahaya narkoba di tengah masyarakat,” sebut Perwira Dua Bunga di Pundaknya.

Sebanyak 30 orang peserta yang berasal dari lingkungan instansi pemerintah, pendidikan, swasta dan masyarakat dilibatkan dalam workshop penggiat P4GN.

AKBP. Abire yang juga sebagai narasumber internal, membawakan materi tentang pencegahan dalam upaya P4GN. “Pencegahan bisa dimulai dari lingkungan keluarga sebagai faktor pelindung dan resiko dalam penyalahgunaan narkoba dan para penggiat bisa melaksanakan rencana aksi sebagai upaya pencegahan menangani permasalahan narkoba,” ucapnya.

Selain dari narasumber internal panitia juga menghadirkan, Adhi Lahade S.H., M.H sebagai narasumber guna membawakan materi Aspek Hukum P4GN.

Kepala BNN Donggala Harap Penggiat P4GN Meningkatkan Kapasitas
Fadhilah, S.Psi., M.Psi saat membawakan materi Pengetahuan Dasar Adiksi, Konseling, dan Rehabilitasi.

Dalam materinya Adhi Lahade menyampaikan penerapan pasal-pasal dalam undang-undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, bagaimana penerapan hukum, penanganan penyalahgunaan narkoba serta ancaman, sanksi dan denda terhadap kejahatan narkotika.

Setelah sejenak melakukan istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi pengembangan diri Penggiat P4GN disampaikan, Masudin Radja, S.Sit., M.Kes., C.Ht. Sebagai praktisi, Masudin Radja menyampaikan cara bagi penggiat meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.

Di Kesempatan yang sama, Masudin Radja melakukan sharing session untuk mengajak para penggiat P4GN melakukan diskusi yang dibagi dalam 4 kelompok guna membahas tantangan dan hambatan Penggiat P4GN dan seperti apa optimalisasi sumber daya dalam menunjang P4GN.

Sebagai akhir pemberian materi, panitia Workshop menghadirkan Fadhilah, S.Psi., M.Psi untuk membawakan materi Pengetahuan Dasar Adiksi, Konseling, dan Rehabilitasi. Dalam pemaparannya, psikolog Fadhilah menyampaikan tahapan adiksi, prinsip konseling sebagai upaya membina hubungan saling percaya dan komunikasi terbuka, serta tahapan rehabilitasi kepada para penggiat.

Diharapkan partisipasi penggiat P4GN maupun stakeholders di lingkungan masyarakat dapat membantu BNN dalam program peran serta masyarakat, seperti melaksanakan kegiatan tes urine secara mandiri dan berkelanjutan serta aktif bersosialisasi P4GN secara berkala dan berkesinambungan untuk mendukung program P4GN.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed