Dialog Interaktif Remaja Teman Sebaya Wujudkan Remaja Bersinar

Pendidikan213 views

PENATEGAS – Guna mewujudkan remaja dan pelajar Kabupaten Donggala yang Bersih dari Narkoba (Bersinar), BNN Kabupaten Donggala kembali menggelar kegiatan Dialog Interaktif Remaja Teman Sebaya tahap IV (empat) di Balai Desa Loli Oge, Sabtu (12/08/23).

Sebanyak 10 orang pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Banawa yang ikut dalam dialog diberikan pemahaman dan strategi untuk menghindari dari narasumber.

Dua orang pembawa materi yang dihadirkan, salah satunya adalah, Masudin Radja, S.Sit., M.Kes., C.Ht. Praktisi Masudi Radja membawakan materi topik “Menjadi Remaja Perempuan dan Laki-laki”.

Menurut Masudin Radja, topik “Menjadi Remaja Perempuan dan Laki-laki” bertujuan membantu para peserta remaja menyadari konsep maskulinitas dan feminim yang adil berdasarkan gender dari sudut pandang budaya patriarki.

Selain itu tambahnya, peserta remaja dibantu untuk menyadari dampak pembagian peran gender yang negatif sebagai konstruktif budaya patriarki. “Diharapkan para peserta remaja dapat memahami konsep maskulinitas dan feminitas berdasarkan peran gender yang lebih setara dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Masudin Radja.

Adapun topik “Berani Atau Tidak”, kali ini dibawakan seorang psikolog, Fadhilah, S.Psi., M.Psi. Sebagai narasumber, Fadhilah menyampaikan tujuan topik tersebut diberikan kepada pelajar SMKN 2 Banawa.

“Kami mengambil topik ”Berani Atau Tidak”, agar para remaja mampu memahami konsep relasi kuasa, membedakan sikap pasif, agresif dan asertif, serta mereka mampu mempraktekkan langkah-langkah bersikap asertif kepada teman dan orang tua,” terangnya.

Diakhir pemaparan materi, Fadhilah membuka sesi diskusi antara peserta, curah pendapat dan mempresentasikan hasil diskusi dan mengajak bermain bilang tidak untuk melatih mereka agar tidak mudah terpengaruh tekanan dari teman atau pihak lain.

Kegiatan yang diselingi dengan diskusi dan permainan membuat para peserta semakin akrab dengan narasumber. Diharapkan melalui dialog Interaktif Remaja Teman Sebaya tahap IV, para remaja menjauhi narkoba.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed