Dinas Peternakan Donggala Gelar Kontes Ternak

Daerah551 views

PENATEGAS – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Donggala menggelar kontes ternak tingkat Kabupaten Donggala di Desa Labuan Salumbone Kecamatan Labuan, Rabu (22/6).

Kontes ternak sapi yang digelar selama dua hari dibuka Bupati Donggala, Dr. Kasman Lassa, M.H. Dengan tema, “Melalui Kontes Ternak Kita Wujudkan Peternakan Yang Mandiri dan Mampu Melestarikan Sumber Daya Genetik Sapi Donggala, Isemapa Maipiapa”, kontes ternak diikuti 38 ekor sapi dan 15 ekor kambing.

Bupati Donggala, Dr. Kasman Lassa, M.H dalam sambutannya meminta Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Donggala, agar kegiatan tersebut tidak hanya sampai sebatas kontes saja, namun ada inovasi baru, karena Donggala merupakan salah satu kabupaten penyangga untuk Ibu Kota Negara (IKN), dalam rangka penyediaan bahan pangan termasuk hewan ternak (daging dan telur), ujar Bupati Kasman Lassa.

“Sapi Donggala merupakan salah satu sapi unggulan nasional. Ini tertuang berdasarkan Surat keterangan (SK) Menteri Pertanian Nomor: 666/KPTS/SR.120/6/2014,” ungkap Bupati Donggala.

Dinas Peternakan Donggala Gelar Kontes Ternak
Foto bersama Bupati Donggala, Dr. Kasman Lassa, M.H usai menyerahkan klaim asuransi usaha ternak di Desa Labuan Salumbone. (Dok. Prokopim Donggala)

Dalam sambutannya, Bupati Kasman Lassa meminta kepada para peserta kontes ternak dan seluruh masyarakat Kabupaten Donggala, agar lebih termotivasi dan lebih bersemangat dalam mengembangkan peternakan, sehingga menjadi dasar pijakan dalam rangka peningkatan kuantitas dan kualitas ternak guna meningkatkan kesejahteraan bagi anggota kelompok dan anggota masyarakat.

“Semoga setiap cita-cita dan langkah kita dalam mengembangkan potensi peternakan yang lebih baik di Kabupaten Donggala dapat tercapai dan mendapat Ridho dari Allah SWT, Aamiin,” harap Bupati Donggala.

Usai memberikan sambutan, Bupati Kasman Lassa menyerahkan klaim asuransi usaha ternak kepada kelompok ternak Sulayang Jaya, kelompok Semangat Baru dan kelompok Mekar Jaya III, masing-masing Rp 8.000.000.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan peninjau stand peserta kontes ternak sekaligus demonstrasi pengobatan dan penyuntikan ternak yang menggunakan obat produk PT. Medion.

Hadir pada kegiatan itu, Staf Ahli Bupati Donggala, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Tadulako, Kepala BPTP Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Balai Karantina Sulteng, Ketua TP-PKK Kabupaten Donggala , Pimpinan Bank Sulteng Cabang Donggala, Kapolsek Labuan, Danramil, Pimpinan OPD Kabupaten Donggala serta Camat Labuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed