Camat Labuan Ajak TPPS Turunkan Stunting

Daerah84 views

PENATEGAS – Camat Labuan, Arifin, S.P mengajak semua pihak yang terlibat dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) kecamatan untuk bekerjasama dalam penurunan stunting.

Ajakan tersebut disampaikan Camat Labuan Kabupaten Donggala, saat menghadiri sosialisasi struktur TPPS Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Labuan Senin, (16/10/23).

Camat Labuan mengemukakan, sejak tahun 2021Kasus stunting di Kecamatan Labuan menempati urutan ketiga tertinggi di Kabupaten Donggala. Menurut penelitian tambah Camat, terdapat 142 kasus dari 1.125 balita.

Meskipun demikian hingga tahun 2023, terjadi pengurangan karena telah dilakukan terobosan dan kerjasama lintas sektor untuk mengeroyok tingginya status stunting di Kecamatan Labuan.

“Saya harap kita tidak lengah dengan keadaan ini dan kita harus melaksanakan sesuai mekanisme tata kerja untuk mendukung terwujudnya perbaikan gizi masyarakat khususnya pada sasaran balita,” tandasnya.

Camat mengungkapkan, berdasarkan hasil eksplorasi, upaya pencegahan dan penanganan stunting yang dilakukan pemerintah di Kabupaten Donggala adalah, penyediaan air bersih bagi masyarakat, penyediaan jamban umum, pembuatan selokan pembuangan limbah, sampah belum dikelola, akses layanan kesehatan, bidan pendamping, bidan desa, jaminan kesehatan bagi warga yang kurang mampu.

Selain persoalan tersebut perlu adanya pendidikan pengasuhan orang tua, penimbangan balita di posyandu secara rutin, edukasi kesehatan seksual dan reproduksi remaja belum. Ini yang belum maksimal dilaksanakan ucap, Arifin.

Yang perlu dilakukan dalam pencegahan stunting di Kecamatan Labuan tambahnya adalah, pernikahan dini, tindakan spesifik perbaikan gizi balita yang mengalami stunting.

“Melalui sosialisasi ini saya berharap program yang ada perlu dimaksimalkan baik pada intervensi sensitif maupun pada intervensi spesifik. Kepala desa dan pihak puskesmas diharapkan dapat memaksimalkan upaya pencegahan dan penanganannya sesuai program,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi struktur TPPS, lintas sektor Kecamatan Labuan yakni, kepala desa se-Kecamatan Labuan, Kepala Puskesmas, petugas gizi, kesehatan lingkungan, Kepala Urusan Agama (KUA), Pendamping desa, Penyuluh Keluarga Berencana / Petugas Lapangan Keluarga Berencana. (***)

News Feed