BNN Donggala Intervensi Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba

Daerah1,096 views

PENATEGAS – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Donggala melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) melakukan intervensi pelaksanaan program “Ketahanan Keluarga Anti Narkoba” di Kantor Desa Tondo, Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala, Sabtu (2/7).

Kepala BNN Kabupaten Donggala, AKBP. Abire melalui Sub Koordinator Seksi P2M, Markus S.Kep., Ns mengatakan, pelaksanaan program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba yang digelar di Desa Tondo adalah sesi ketiga.

Sebagai Koordinator Seksi P2M, Markus mengungkapkan, bahwa ketahanan keluarga merupakan suatu yang penting dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika(P4GN), karena keluarga adalah entitas utama bermulanya suatu lingkungan sosial.

“Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba adalah untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan hidup serta pola pengasuhan orang tua guna menangkal penyalahgunaan narkoba,” terang Sub Koordinator Seksi P2M, BNN Kabupaten Donggala.

Markus menjelaskan, dalam pelaksanaan program ketahanan keluarga anti narkoba, Seksi P2M melibatkan dua orang fasilitator BNN Kabupaten Donggala yakni, Azhar M S.Pd dan Desimawati, Amd.Kep.

Adapun panitia dalam kegiatan tersebut adalah, Ainun, S.A.P dan Abdul Mutolip, Amd.Kep. Dalam kegiatan tersebut tambah Markus, panitia membagi tiga sesi yakni, Sesi anak, sesi orangtua dan sesi keluarga.

Guna melengkapi kegiatan tersebut Seksi P2M menghadirkan dua narasumber guna membawakan materi tentang Ketahan keluarga.

Narasumber Mas’udin Radja, S.Sit., M.Kes., C.Ht membawakan materi tentang mengubah perilaku dengan cara merespon perilaku negatif, memberikan perintah yang efektif, membantu anak mengubah perilaku dan mengubah perilaku dengan kesempatan tertulis.

Sementara sesi anak dibawakan Fadhilah, S.Psi., M.Psi., Psikolog dengan judul materi tekanan teman sebaya satu, tentang menyampaikan cara positif untuk menyesuaikan diri, bertanya, katakan apa yang mungkin terjadi dan sarankan hal yang lain yang dapat dilakukan bersama.

Sedangkan sesi keluarga dibawakan oleh kedua narasumber dengan materi keterampilan berpikir tentang nilai-nilai keluarga dan cara berkomunikasi dalam keluarga (memahami stress masing-masing antara anak dan orang tua).

Di Akhir kegiatan pelaksanaan program ketahanan keluarga anti narkoba, panitia memberikan cinderamata berupa gelas yang bertuliskan War on Drugs BNN Kabupaten Donggala dan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed