RMP Palu Buka Posko Covid-19 di Semua Kelurahan

Daerah652 views

PENATEGAS- Ormas Relawan Merah Putih (RMP) Kota Palu tak tinggal diam dalam membantu warga yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) karena terpapar Covid-19. Sejak Minggu (8/8) RMP Kota Palu membuka Posko Peduli Covid-19 di seluruh kelurahan di Kota Palu.

“Posko Peduli Covid-19 kita (RMP Palu) buka di seluruh kelurahan di Kota Palu. Kita uji coba selama satu minggu kedepan,” kata Ketua RMP Kota Palu, Ivonilawati saat gelar pertemuan dengan Koordinator Kecamatan dan Koordinator Kelurahan RMP di Kelurahan Palupi, Kecamatan Tatanga, Sabtu, (7/8).

Pertemuan itu adalah persiapan membuka Posko Peduli Covid-19. Pertemuan itu dihadiri langsung Ketua Pembina RMP Ronny Tanusaputra. Beberapa pengurus pusat RMP juga hadir dalam pertemuan persiapan itu.

Pertemuan persiapan di hari Sabtu, tuntas dilakukan di seluruh kecamatan. Ronny mengatakan pembukaan Posko Peduli Covid-19 oleh RMP untuk membantu pemerintah kota, khususnya dalam penanganan warga yang menjalani isoman.

Di setiap posko kelurahan ditempatkan tiga orang anggota RMP, yang tugasnya antara lain mendata warga yang sedang isoman di rumah untuk dibantu keperluannya. Seperti kebutuhan pokok, obat-obatan termasuk vitamin. Tugas lainnya adalah ikut mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta tidak keluar rumah bila tidak ada hal yang penting.

Pembina RMP Ronny Tanusaputra mengingatkan kepada anggota RMP yang bertugas di Posko Peduli ¬†Covid-19 untuk berkoordinasi dengan kelurahan dan puskesmas dalam menjalankan tugasnya. “Segera koordinasi dengan kelurahan, laporkan bahwa RMP membuka posko untuk membantu warga yang sedang isolasi mandiri,” kata Ronny.

Ronny mengatakan pihaknya tidak mengambil alih tugas kelurahan dan puskesmas. “Kita hanya membantu. Kita back up sembako kepada warga yang sedang isoman. Obat-obatan, vitamin bila perlu kita siapkan,” tambahnya.(sya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed