oleh

BNN Kabupaten Donggala Edukasi Remaja Dalam P4GN

-Daerah-456 views

PENATEGAS – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Donggala terus mengedukasi remaja dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) baik di lingkungan sekolah, masyarakat maupun di lingkungan keluarga sendiri.

Melalui tujuan tersebut, sehingga BNN Kabupaten Donggala menggelar Informasi Edukasi melalui Dialog Interaktif Remaja yang diberi nama “Remaja Teman Sebaya Tahap Satu” di Aula SMKN I Banawa Kabupaten Donggala, Jumat (6/8).

Sebanyak 10 orang peserta yang ikut serta dalam kegiatan dialog interaktif masing – masing mewakili sekolah. Ini kali, pelajar SMAN Banawa Tengah mengutus 2 orang pelajar sebagai peserta, SMAN 1 Banawa 1 orang, Madrasah Aliyah Maleni 1 orang, SMKN 1 Banawa 2 orang, SMKN 2 Banawa 1 orang, SMPN 1 Banawa 2 orang dan SMPN 6 Banawa 1 orang .

Kegiatan yang digelar berdasarkan Surat Perintah Kepala BNN Kab.Donggala Nomor: 443/VIII/KA/PC.01/2021/BNNKab-DGL tanggal 4 Agustus 2021, menghadirkan dua orang narasumber guna memberikan pengetahuan kepada remaja tentang jenis narkoba, bahaya narkoba dan dampak yang akan timbul setelah mencoba barang yang diharamkan ini.

BNN Kabupaten Donggala Edukasi Remaja Dalam P4GN
Foto : Sub Koordinator Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), BNN Kabupaten Donggala, Markus, S.Kep.,Ns saat membuka dialog.
Dok BNNK Donggala)

Kepala BNN Kabupaten Donggala, AKBP. Abire melalui Sub Koordinator Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), BNN Kabupaten Donggala, Markus, S.Kep.,Ns saat membuka dialog mengatakan, saat ini narkoba telah masuk hingga hampir ke seluruh elemen masyarakat tanpa memandang status, tingkat pendidikan atau pun penggolongan strata.

“Sekarang penyalahguna narkoba cenderung didominasi oleh mereka yang usianya masih muda,” ucap Markus.

Saat mewakili Kepala BNN Kabupaten Donggala, Markus menjelaskan tujuan dari pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkoba yang digelar melalui dialog Interaktif Remaja adalah, untuk memberikan pemahaman serta mengembangkan kemampuan yang aplikatif kepada remaja dalam menciptakan hubungan pertemanan yang adaptif dalam menolak penyalahgunaan narkoba.

BNN Kabupaten Donggala Edukasi Remaja Dalam P4GN
Para peserta dialog Interaktif Remaja yang diberi judul “Pendidikan Anti Narkoba Bagi Remaja”, tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19.
(Dok BNNK Donggala)

Dengan mengedepankan protokol kesehatan COVID-19, kegiatan Interaktif Remaja yang diberi judul “Pendidikan Anti Narkoba Bagi Remaja”, dipandu oleh staf Seksi P2M, Desimawati, Amd. Kep sekaligus menghadirkan, dr. H. Erwin K. Putra B. dengan Sub Materi, Pengertian Narkoba, Jenis Narkoba, dampak dan perspektif. Selain Sub judul tersebut dr. H. Erwin Juga menyampaikan materi, Mengapa Narkoba Dilarang dan menjelaskan narkoba dalam dunia medis.

Di sesi kedua Seksi P2M BNN Kabupaten Donggala kembali menghadirkan narasumber, dr. Sy Rugaiyah yang membawakan Sub Materi tentang Faktor Resiko dan Protektif Remaja serta jenis Narkoba baru yang sangat sangat perlu diketahui oleh remaja guna mengantisipasi peredarannya.

Materi demi materi yang disampaikan narasumber nampak para peserta dialog sangat antusias. Terbukti, para peserta kerap mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Kegiatan yang digelar sehari diakhiri dengan kampanye “Perang Melawan Narkoba (War On Drugs) dan pembagian cinderamata kepada peserta dialog. (Adam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.