oleh

Pengurus DKD Ditetapkan Berdasarkan SK Bupati

-Daerah-412 views

PENATEGAS – Pengurus Dewan Kesenian Donggala (DKD) menggelar pelantikan pengurus baru masa bakti 2019-2024.Kegiatan yang mengambil tema “Mewujudkan Kemajuan Kesenian Dalam Mengembangkan Potensi Daerah Melalui Seni Dan Budaya”, digelar di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Jumat (02/07).

Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, SH., MH yang hadir sekaligus melantik pengurus baru DKD mengatakan, pelantikan para pengurus DKD ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Donggala Nomor: 188.45/0160/DISDIKBUD/2019.Menurut Bupati Kasman dalam sambutannya, berdasarkan permintaan dari DKD akan mencoba memprogramkan anggaran kegiatan DKD, sehingga DKD dapat membantu tugas pemerintahan di bidang kesenian dan budaya, dengan memanfaatkan anak sekolah di Kabupaten Donggala.

“Dengan adanya kesenian, maka anak sekolah akan terhindar dari Miras dan Narkoba, karena mereka sibuk dengan aktivitas kesenian”, terangnya.

Kepada DKD, Bupati Donggala meminta agar senantiasa melakukan koordinasi kepada Pemda, dalam rangka untuk memprogramkan kegiatan dalam menumbuh kembangkan seni dan budaya yang ada di Wilayah Kabupaten Donggala.

Selain itu, hal tersebut, Bupati juga mengingatkan kepada DKD, agar mengecek semua perwakilan sanggar seni yang ada di 16 kecamatan.

“Karena jangan sampai ada kembali pemikiran bahwa Donggala itu hanya ada di Banawa dan itu benar, jadi yang benar yaitu Donggala ada di 16 kecamatan,” ucap bupati.

Di kegiatan yang sama, sebagai Ketua Dewan Kesenian Donggala Farid, SH mengatakan, anak-anak yang lahir di Donggala, ingin berkesenian dan membantu untuk membangun Pemda Donggala lewat nuansa kesenian. Tentunya, hal ini akan menjadi bahan perhatian bersama dalam proses kesenian dan kebudayaan yang kreatif.

“Insya Allah DKD laksanakan nantinya proses tersebut dan tidak lekang dari pada kerjasama Dinas Pendidikan dan Pariwisata yang tentunya harapan kita, bisa membangun Donggala dengan baik,” ujarnya.

Berdasarkan undang-undang tahun 2017, tentang kemajuan kebudayaan maka kesenian adalah ujung tombak dari pada kebudayaan itu sendiri. Berdasarkan undang – undang tersebut maka, Dewan Kesenian ingin ambil andil dari program Donggala, bahwa kesenian dan kebudayaan harus dijalankan.

“Insya Allah kerja anggota DKD dan sanggar seni yang ada di kecamatan, mendapat apresiasi dan perhatian dari Pemda Donggala. Dan kami dari DKD ingin bersama Pemda menggerakkan kesenian yang ada di Wilayah Kabupaten Donggala,” pungkasnya.

Ada pun susunan pengurus Dewan Kesenian Donggala priode2019-2024, sebagai pelindung, Bupati Donggala, Wakil Bupati Donggala, Ketua DPRD Kabupaten Donggala, Kadis Pariwisata Kabupaten Donggala dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Donggala.

Selain pelindung pengurus DKD juga memiliki konsultan yakni, Hj. Indotang, S. Sos., M. AP, Fauziah, S. Pd., M. Si, Moh. Rafiq, S. HI dan Hikmah, S. Sos. M. AP. Adapun pengurus DKP yang dilantik adalah, Ketua Farid, SH., Wakil Ketua I, Izhamul Haq Salumpu, SH., Wakil Ketua, Abd. Razak, SH., Sekretaris, Umi Kalsum, A. Md., Wakil Sekretaris,
Rafika Hamidiyah, S. STP., Bendahara, Try Annisyah, S. Ak, Wakil Bendahara, Nirwana Sulistiyah, S. Pd.

Hadir dalam acara pelantikan DKD, Wakil Bupati Donggala, Moh. Yasin, S. Sos., M. Ap, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Gosal Syah Ramli, M. Si, Ketua TP-PKK Kab. Donggala, Hj. Indotang, S. Sos.,M. Ap, Pimpinan OPD Kab. Donggala dan Camat Banawa Selatan Hikmah, S. Sos, serta beberapa Sekretaris Dinas yang sempat hadir. (Adam) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.