Pemkab Donggala Kerjasama Polres Donggala Bangun Pemberdayaan Budidaya Ikan

Daerah86 views

PENATEGAS – Pemerintah Kabupaten Donggala kerjasama Polres Donggala bangun pemberdayaan budidaya ikan dan Perikanan tangkap melalui penandatanganan perjanjian pelaksanaan pemberdayaan Program Nasional Ketahanan Pangan Perikanan Budidaya Ikan dan Perikanan Tangkap” bersama Jajaran Polres Donggala di Ruang Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Senin (15/01/24).

Bupati Donggala, Moh. Yasin, S. Sos., M.AP mengawali sambutannya dengan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang baik oleh seluruh jajaran Polres Donggala.

“Hal ini sangat berarti, dukungan yang diberikan kepada kami, keterlibatan dan support dari Polres Donggala dan ini sangat membantu kami dalam rangka memaksimalkan program-program penting,” kata Bupati Moh. Yasin.

Bupati menambahkan, kerjasama yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Donggala bersama Polres Donggala berkaitan dengan upaya Pemerintah dalam meningkatkan pemberdayaan perikanan nelayan dan meningkatkan ketahanan pangan sebagai upaya mengurangi angka kemiskinan serta menekan angka prevalensi stunting.

“Perlu kita pikirkan bersama, program yang telah digagas Kapolres beserta jajarannya, dalam rangka melakukan pemberdayaan terhadap sektor perikanan baik budidaya ikan dan perikanan tangkap, ini cukup sangat membantu bagi pemerintah Kabupaten Donggala meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hal ini perlu kita adaptasi dan replikasi di seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Donggala,” terangnya.

Dalam rangkaian kerjasama, Kapolres Donggala, AKBP. Efos Satria Wisnuwardhana S.I.K, M.I.K mengungkapkan bahwa kegiatan pembudidayaan ikan dalam ember atau yang disebut “Budikdamber” ini, merupakan salah satu inovasi yang dilaksanakan oleh Polres Donggala yang mendapat dukungan penuh oleh Pemerintah Kabupaten Donggala,

“Kami perlu informasikan kepada Bupati bahwa program ini kami sudah sampaikan ke Kapolda Sulteng, beliau memberikan respon yang sangat positif, beliau menyampaikan bahwa ini program yang sederhana tapi dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dan kami juga sudah menyampaikan kesediaan Kapolda Sulteng dalam waktu dekat, apabila kita sudah siap, beliau bersedia me-launching program ini untuk dilaksanakan di seluruh jajaran Polsek. Untuk itu kami sangat merespon positif adanya perjanjian kerja sama bersama dinas terkait dalam hal ini Dinas Perikanan Kabupaten Donggala,” ujar Kapolres

Kapolres Donggala menambahkan, kegiatan Budikdamber banyak memberi manfaat, baik secara internal maupun secara eksternal dan baik untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota Polres, termasuk Bhabinkamtibmas dan Ibu Bhayangkari dalam pengolahan ikan.

“Pembudidayaan ikan berguna juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan sumber Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulteng tahun 2024 jumlah penduduk Kabupaten Donggala sebanyak 293.473 dengan angka kemiskinan 14,5%, sedangkan angka pengangguran 8,1% dan angka prevalensi Stunting berada di atas 21%,” sebut AKBP. Efos Satria Wisnuwardhana

Olehnya itu untuk menjawab tantangan pangan lanjut Kapolres, Polres Donggala secara inisiatif memunculkan ide tentang budidaya ikan dalam ember. “Yang pertama baik itu secara internal Polri dan kemudian dapat memberi manfaat secara eksternal khususnya dalam memberdayakan masyarakat, sehingga mengurangi jumlah pengangguran dan mengurangi jumlah kemiskinan termasuk penurunan angka Stunting,” jelas Kapolres.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Dr. H. Rustam Efendi, S.Pd, S.H, M.AP,, Kadis Perikanan Kabupaten Donggala Ali Assagaf S.Pi., M.H, Asisten II Kabupaten Donggala, Ir. H. Dg Malaba M.Si, Kasat Pol-PP, Drs. Haidar M. AP., M.Si, Pimpinan OPD Kabupaten Donggala, Camat Se-Kabupaten Donggala dan sejumlah pejabat di jajaran Polres Donggala. (**)

News Feed