oleh

Pekan Depan Gubernur Sulteng dan Bupati Sigi Menghadap Menteri PUPR

-Daerah-241 views

PENATEGAS – Terkait musibah banjir di Desa Rogo, Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura meminta Bupati Kabupaten Sigi, Moh. Irwan untuk mendampinginya menghadap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pekan depan. Permintaan Gubernur Sulteng disampaikan saat mengunjungi dapur umum warga terdampak banjir di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi, Kamis (2/9).

Menurut Rusdy Mastura, ajakan untuk menemui Menteri PUPR guna menyampaikan permohonan pembangunan pemulihan bencana di Kabupaten Sigi dan sejumlah Bencana yang terjadi di Sulawesi Tengah dalam rangka pembangunan infrastruktur prioritas yang telah direncanakan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Selain rencana tersebut Gubernur juga meminta kepada Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jaringan Sumber Air (PJSA) dan Japan International Cooperation Agency (JICA), kiranya dapat membantu sejumlah desa rawan longsor sabo dam atau pengendali saluran seperti yang dibangun JICA di Desa Bangga, Desa Poi, kiranya dapat juga dibangun di desa Rogo dan Beka.

Pekan Depan Gubernur Sulteng dan Bupati Sigi Menghadap Menteri PUPR
Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura dialog dengan Bupati Sigi, Moh. Irwan di Desa Rogo, Kamis (2/9).

Selain hal tersebut, Gubernur juga meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sigi membentuk kelompok kerja untuk mendorong masyarakat dalam memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan baik.

Bentuk kelompok kerja untuk mendukung masyarakat dan persiapkan proposal untuk mendapatkan KUR dengan bunga rendah dengan agunan. Dibawah 100 Juta tidak ada agunan. Saya minta agar Bank tidak mempersulit masyarakat untuk memanfaatkan Fasilitas KUR”, Kata Gubernur.

Di kesempatan yang sama, Bupati Sigi Moh. Irwan menyampaikan kepada Gubernur dan Satuan Kerja terkait dapat membantu Pemda Sigi dalam penanganan banjir dan pengurangan resiko bencana banjir dengan membangun sabo dam atau aliran air sungai sehingga tidak terjadi lagi banjir di beberapa Desa Wilayah Dolo Selatan.

Di akhir peninjauan lokasi banjir, Gubernur memberikan bantuan peralatan masak untuk dapur umum, tabung gas, makanan siap saji, makanan Anak, sembako termasuk masker dan rapid antigen. **

(Sumber : Humas Kab. Sigi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.