oleh

Ikan Sidat Dikembangkan di Biromaru

-Daerah-615 views

PENATEGAS – Pelaku pengembangan Ikan Sidat, budidaya Ikan Nila dan Ikan Hias di Desa Kalukubula, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah mendapat kunjungan dari Dinas Tanaman Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi, Jumat, (26/2). 

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi, Rahmad Iqbal Nurkhalish, B. Aly, SP., MP saat meninjau usaha pengembangan Ikan Sidat mengatakan, sangat tertarik dengan usaha yang digeluti Widiyanto yang mengembangkan Ikan Sidat dan Akmal yang membudidayakan Ikan Nila dan Ikan Hias di Desa Kalukubula. 

“Pengembangan Ikan Sidat sangat memiliki potensi besar di wilayah Kabupaten Sigi, karena Ikan Sidat memiliki nilai ekspor yang sangat menjanjikan nilai ekonomi termasuk budidaya Ikan Nila dan Ikan Hias,” ucap Rahmad Iqbal saat meninjau tempat pengembangan Ikan Sidat di Desa Kalukubula, Jumat (26/2)

Menurut Kadis, Ikan Sidat adalah jenis ikan yang banyak ditemukan di laut utara Jepang. Bentuknya panjang, hampir sama dengan belut, hanya saja Ikan Sidat merupakan golongan ikan Anguillidae yang memiliki sirip samping.

Ikan sidat digemari banyak orang dan merupakan bahan dasar dari beragam hidangan makanan. Belakangan ini, permintaan ikan sidat melonjak dan hampir tak dapat dipenuhi.

“Ini merupakan kesempatan bisnis mandiri yang sempurna bagi para pemula mengingat peluangnya besar, modalnya tidak terlalu mahal, dapat dilakukan di rumah dan prosesnya mudah, cocok untuk para pebisnis pemula,”ucap Kadis yang kerap disapa Iqbal.  

Kadis berharap, melalui usaha perikanan ini pelaku usaha dapat saling tukar menukar informasi dengan penyuluh perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi guna menyelesaikan tantangan usaha yang dihadapi di masa pandemi. (yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.