Dua Kadis Donggala Jadi Pemateri Pada Pembukaan DEA 2024

Nasional47 views

PENATEGAS ­­– Dua Kepala Dinas di pemerintah Kabupaten Donggala mendapat kesempatan memberikan materi pada pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) 2024 di aula Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kecamatan Banawa,

Kegiatan yang digelar Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado bekerja sama dengan Dinas Kominfo Donggala, melibatkan 118 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Kabupaten Donggala.

BPSDMP Kominfo Manado adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo RI). Melalui tema “Kewirausahaan Digital Dasar”, kegiatan tersebut digelar selama dua hari dimulai Selasa (19/03/24).

Bupati Donggala melalui Kepala Dinas Kominfo Donggala, Anhar, S. Hut, M.Si, yang hadir sekaligus menjadi narasumber menyampaikan materi tentang pengetahuan dan keterampilan untuk membangun bisnis digital yang sukses mengatakan bahwa peluang kerja bagi alumni  DEA sangat terbuka lebar.

“Banyaknya pengguna aplikasi jual beli online di Indonesia membuat orang saling terhubung antar satu sama lain, sehingga lapangan pekerjaannya bersifat fleksibel, karenanya dibutuhkan keterampilan mengakses dan mengelola teknologi,” ungkapnya.

Adapun jenis usaha yang bisa digeluti, lanjut Anhar, mulai dari bisnis yang bersifat edukasi seperti menjadi mentor kursus online, ada bisnis kreatif seperti membuat produk handmade khas Donggala ataupun membuka jasa katering dan fotografi online.

Untuk itu, lanjut Anhar pentingnya memilih jenis usaha sebelum memulai bisnis digital agar fokus menjalankan bisnis yang telah di pilih.

“Pertama sesuaikan minat, kedua lakukan riset pasar untuk mengetahui permintaan dan persaingan jenis usaha, ketiga hitung modal yang dibutuhkan, keempat buatlah business plan dan targetnya dan yang terakhir mulailah dari skala kecil secara bertahap,” ujarnya saat memberikan tips memilih jenis usaha.

Pada sesi yang sama, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Dr. Pattakali, S.E, M.Si dalam materinya menuturkan bahwa paradigma kewirausahaan saat ini telah bergeser karena telah menjadi disiplin ilmu.

“Kewirausahaan dapat dipelajari dan diajarkan sehingga setiap individu memiliki peluang untuk tampil sebagai entrepreneur,” jelasnya.

Bahkan untuk menjadi wirausahawan sukses, lanjut Pattakali, memiliki bakat saja tidak cukup, tetapi harus mempunyai pengetahuan tentang segala aspek usaha yang akan ditekuni.

Berkaitan dengan pelatihan tersebut, Kepala Bidang Bidang Aplikasi Informatika dan e-Government, Moh. Saleh mengatakan, pelatihan DEA pemberdayaan UMKM dapat membawa manfaat yang lebih luas serta memberikan multi efek sehingga para pelaku usaha dapat lebih berkembang lagi kedepannya.

“Oleh karena itu melalui pelatihan seperti ini, para peserta harus memanfaatkan semaksimal mungkin bekal awal untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan jaringan internet dan perangkat teknologi,” tutupnya.

News Feed