oleh

Bupati Donggala Sebut Penyuluh Pertanian Garda Terdepan

-Daerah-285 views

PENATEGAS – Bupati Donggala, Dr. Kasman Lassa, SH., MH mengatakan, Kabupaten Donggala adalah salah satu wilayah strategis yang dipersiapkan sebagai penyangga pangan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kasman Lassa saat menghadiri pertemuan teknis penyuluh pertanian Kabupaten Donggala Tahun 2022, di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Senin (21/03).

Pertemuan yang merupakan program pembangunan khususnya sektor pertanian diarahkan pada upaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas mutu hasil pertanian dan peningkatan nilai ekspor guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani sebagai pelaku utama.

“Ini suatu tantangan baru untuk terus meningkatkan produksi pangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam daerah maupun luar daerah,” tegas Dr Kasman Lassa.

Bupati Donggala menekankan, petani mengupayakan lahan yang ada untuk dioptimalkan berproduksi dan tidak ada lagi lahan yang menganggur yang tidak memberikan nilai manfaat.

“Penyuluh pertanian sebagai garda terdepan dalam pembangunan pertanian memiliki peran yang strategis, agar melakukan pendampingan dan pengawalan kepada petani sebagai pelaku utama dalam pelaksanaan kegiatan berusahatani kearah yang lebih baik dan menguntungkan, harap Bupati Kasman Lassa.

Di kesempatan yang sama Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Donggala, Herlin, S. Sos., M. Pd menyampaikan bahwa potensi Sumber Daya Alam (SDA) di kabupaten Donggala terdiri dari lahan sawah seluas, 9.045,14 Ha, Lahan Tegalan (Lahan Menetap) seluas, 2.182,78 Ha, Lahan Kering seluas, 36.722 Ha, ladang berpindah 12.186 Ha dan perkebunan Kelapa, Cengkeh, Kakao, Pala seluas 86.000 Ha.

Herlin menambahkan bahwa pada lomba Lintas Alam Nusantara tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Petani Milinel Amuba binaan Kecamatan Labuan meraih Juara 1, dengan menguasai 3 (tiga) budidaya tanaman padi, jagung dan mentimun.

Mengakhiri kegiatan pertemuan bersama penyuluh pertanian, Bupati Donggala penyerahan secara simbolis Surat Keputusan (SK) tentang penempatan dan penugasan penyuluh pertanian pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan pada wilayah kerja Balai Penyuluh Pertanian Kabupaten Donggala Tahun 2022, kepada 5 (lima) BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Kecamatan,

Hadir dalam pertemuan tersebut Kadis Kesehatan Kabupaten Donggala, Muzakir Ladoali, S.Sos., M.Si dan Koordinator Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Donggala.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.