oleh

Bupati Donggala Ikuti Pembukaan STQH Ke-XXVI Tingkat Provinsi Sulteng 2021, Secara Virtual

-Daerah-312 views

PENATEGAS – Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Ke-XXVI (26) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021 digelar Kabupaten Banggai Laut Tahun 2021, Jumat (27/8). Acara pembukaan yang yang diikuti secara virtual oleh Bupati dan Walikota beserta jajaran memberikan support dan dukungan kepada para khalifahnya.

Untuk Pemerintah Kabupaten Donggala, acara pembukaan STQH Ke-XXVI tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021, dilaksanakan di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala secara virtual. Hadir dalam pembukaan STQH Ke-XXVI, Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, S.H., M.H, Sekretaris Daerah, Dr. Rustam Efendi, S.Pd., S.H., M.A.P, Wakil Ketua DPRD, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Pimpinan OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama, Danposal dan Ketua TP-PKK serta Ketua DWP.

Acara pembukaan yang diawali perkenalan kafilah kabupaten/kota menjadi perhatian khusus. Salah satu kafilah yang menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Donggala adalah kafilah utusan Kabupaten Donggala. Kafilah Donggala yang ini kali mengikuti empat cabang dari delapan golongan yang dilombakan dilaksanakan secara virtual.

Dengan kekuatan 16 orang peserta, Kafilah Kabupaten Donggala di dukung oleh official (panitia) dan teknisi IT virtual siap menyukseskan penyelenggaraan STQH ke-XXVI. Adapun prestasi yang pernah diraih Kafilah Donggala pada penyelenggaraan STQH maupun MTQ tingkat Provinsi Sulteng yakni, Juara umum STQH tahun 2017, di Kabupaten Donggala dan 2019, di Kabupaten Morowali Utara.

Sebagai daerah yang melahirkan qoridan qoriah terbaik di kancah lokal maupun nasional, Kabupaten Donggala pada STQH kali ini berjuang mempertahankan predikat juara umum untuk ketiga kalinya pada ajang STQH XXVI di Kabupaten Banggai Laut.

Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, yang secara resmi membuka STQH XXVI tingkat Provinsi Sulteng tahun 2021 di Kabupaten Banggai Laut, menyampaikan bahwa ajang STQH bertujuan untuk mengedukasi umat agar semakin mencintai Alquran.

“Tujuan besar lainnya dari kegiatan STQH adalah, memberantas buta aksara Al Quran, menyempurnakan akhlak dan perilaku umat serta meluruskan niat untuk membangun Sulawesi Tengah kedepan,” ucap Gubernur, H. Rusdi Mastura.

Selain sambutan Gubernur, laporan Ketua Umum Pelaksana STQH, Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, menyampaikan tujuan pelaksanaan STQH ke-XXVI adalah, memilih peserta terbaik Provinsi Sulawesi Tengah, yang nantinya diikutsertakan pada STQH Tingkat Nasional di Provinsi Maluku Utara Tahun 2021.

Di penghujung acara pembukaan, Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah dan Kepala Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah membuka secara resmi STQH Ke-XXVI tingkat Provinsi Sulawesi Tengah 2021 yang ditandai dengan pemukulan bedug.(Adam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.