Bupati Donggala Buka Bimtek Pengembangan Layanan IKM

Daerah62 views

PENATEGAS – Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Layanan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Donggala, tahun 2023, dibuka Bupati Donggala, Dr. Drs. KRAH. Kasman Lassa, S.H., M.H., AIFO, Jumat (18/08/23) di salah satu hotel di Kota Palu.

Bimtek yang digelar dalam rangka dalam Implementasi Kurikulum Merdeka bertujuan untuk meningkatkan penguasaan para kepala sekolah, para guru dan para operator tingkat PAUD se-Kabupaten Donggala digelar selama 2 hari.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Donggala, H. Kasmudin, S.S., M.M, Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik

“Dalam hal ini kita harus mampu untuk menguasai Information Technology (IT), karena dalam kurikulum Merdeka, kita harus mampu membuat dan merancang kurikulum sendiri melalui aplikasi untuk ditetapkan di sekolah masing-masing,” ungkap Kasmudin saat menyampaikan laporan pelaksanaan bimtek.

Berkaitan dengan bimtek, Bupati Donggala, Dr. Kasman Lassa dalam sambutannya menyampaikan teori Immanuel Kant yang merupakan seorang filsuf Jerman dan salah satu intelektual utama Abad Pencerahan.

Karya Kant yang komprehensif dan sistematis dalam bidang epistemologi, metafisika, etika, dan estetika telah menjadikannya salah satu tokoh paling berpengaruh dalam filsafat Barat modern.

Mengadopsi Immanuel Kant, Dr, Kasman Lassa menyebutkan bahwa secara naluriah manusia selalu ingin tahu. Olehnya itu Dr. Kasman Lassa menjelaskan, esensi dari kegiatan dilaksanakannya Bimtek pengembangan layanan IKM adalah, implementasi dari sifat atau insting naluri dasar manusia itu sendiri.

Melalui bimtek Bupati Kasman Lassa berpesan, agar nantinya setelah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman atas bagaimana selayaknya layanan IKM pada satuan PAUD para peserta mampu memahami maksud dan tujuan dari diberlakukannya Kurikulum Merdeka.

“Buatlah rancangan pembelajaran yang lebih fleksibel sekaligus mampu mengembangkan karakter dan kompetensi anak-anak didik kita, tidak perlu kaku”, serunya.

Hadir pada kegiatan bimtek Pengembangan Layanan IKM, Kepala Bidang PAUD dan PNF, Lita, S. Pd, Kepala Seksi Sarpras Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Donggala, Dulman, S.Pd. ***

News Feed