BNN Donggala Temukan Pelajar Menyalahgunakan Benzodiazepin

Kriminal211 views

PENATEGAS – Guna menekan penyalahgunaan narkotika di lingkungan pendidikan, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Donggala menggelar tes urine di dua sekolah di Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala.

Sebanyak 44 orang siswa-siswi dan pelajar di dua sekolah diambil sampel urine guna mengetahui sejauh mana peran penggiat anti narkoba dilingkungan pendidikan menekan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Donggala.

Sub Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat(P2M), BNN Kabupaten Donggala, Markus, S.Kep., Ns mengatakan, kegiatan tes urine dunia pendidikan digelar dalam rangka program pemberdayaan masyarakat anti narkoba melalui tes urine.

Berdasarkan, Surat Perintah Kepala BNN Kabupaten Donggala Nomor: Sprint/452/VIII/KA/PM.00.00/2023/BNNKab-DGL tanggal 23 Agustus 2023, kegiatan ini merupakan upaya meminimalisir penyalahgunaan narkoba di lingkungan pendidikan guna menciptakan lingkungan sekolah bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Sub Bidang P2M menjelaskan kegiatan tes urine adalah bagian tindak lanjut program BNN Kabupaten Donggala yang telah membentuk penggiat anti narkoba di sejumlah sekolah di Kabupaten Donggala.

“Kami melakukan tes urine di Sekolah Menengah Pertama Negeri(SMPN) 3 Banawa. Kegiatan ini diikuti sebanyak 23 orang siswa – siswi, ucap Markus di SMPN 3 Banawa, Jumat (25/08/23).

Di kegiatan yang sama, tes urine juga dilaksanakan tes urine kepada 21 orang pelajar di ruang kantor Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN)2 Banawa. Sub Bidang P2M mengemukakan, dari hasil tes urine sebanyak23 orang siswa -siswi SMPN 3 Banawa dinyatakan bebas narkoba.

Sementara pelaksanaan tes urine di SMKN Banawa dari dari 21 orang pelajar yang tes urine 5 orang diantaranya terindikasi menyalahgunakan narkoba jenis Benzodiazepin.

Benzodiazepin masuk ke dalam narkoba yang merupakan jenis obat golongan psikotropika yang memiliki efek sedatif atau menenangkan. Benzodiazepin diindikasikan untuk pengobatan jangka pendek pada ansietas berat tetapi penggunaan jangkapanjang dan sebaiknya dihindari.

Sebagai tindak lanjut dari tes urine yang dilakukan BNN Kabupaten Donggala di dunia pendidikan, maka akan melakukan asesmen kepada pelajar yang terindikasi menyalahgunakan narkoba, tegas Markus. *** 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed