BNN Donggala Temui 10 Keluarga di Desa Loli Oge

Daerah924 views

PENATEGAS – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Donggala akan menemui 10 orang keluarga di Desa Loli Oge Kecamatan Banawa dalam rangka pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba.

Hal tersebut disampaikan Sub Koordinator Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Markus, S.Kep., Ns mewakili Kepala BNN Kabupaten Donggala, AKBP. Abire saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba di salah satu hotel di Donggala Kota, Senin (17/4/23).

Menurut Markus, program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba merupakan salah satu upaya strategis dalam implementasi pelaksanaan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) secara utuh dan terintegrasi antar bidang baik internal BNN maupun lintas sektor.

“Keluarga merupakan lingkungan awal kehidupan individu untuk belajar mengambil keputusan yang tepat atau salah, terutama saat individu beranjak remaja dan memiliki lingkungan kehidupan lain di luar keluarga”, ucap Markus.

Melalui rakor Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba maka Seksi P2M BNN Donggala melibatkan 10 orang perserta yang terdiri dri perangkat Desa Loli Oge dalam pelaksanaan program tersebut.

“Keterlibatan orang tua dan anak dalam pelaksanaan program ini sangat penting. Karena, hanya keluarga yang dapat melindungi anggota keluarga dari pengaruh negatif narkoba dan zat adiktif lainnya,” terang Markus.

Dalam rakor Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba yang digelar selama sehari, Sub Koordinator Seksi P2M BNN Kabupaten Donggala menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan adalah,

1. Membangun komitmen dengan Kepala Desa/Lurah dan perangkatnya dalam mendukung program ketahanan Keluarga Anti Narkoba;

2. Menentukan lokus serta menentukan peserta/ keluarga yang akan dijadikan sasaran kegiatan intervensi ketahanan Keluarga Anti narkoba;

3. Kegiatan Intervensi akan dilaksanakan sebanyak 4 kali selama 4 Minggu dan diikuti oleh 10 keluarga yang terdiri dari 1 orang tua dan 1 anak.

Guna mendukung program tersebut BNN Kabupaten Donggala melibatkan 10 orang peserta yang berasal dari Aparat Desa Loli Oge untuk diberikan materi tentang kesiapan Desa Loli Oge menuju Desa Bersih Narkoba tahun 2023.

Adapun materi judul yang disajikan dalam rakor tersebut adalah, “Program Bisnis Pelaksanaan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba”. Materi tersebut disampaikan Sub Koordinator Seksi P2M BNN Kabupaten Donggala.

Materi selanjutnya adalah, “Pelaksanaan Intervensi Keterampilan Hidup Keluarga Anti Narkoba”. Judul materi ini disampaikan oleh seorang psikolog, Fadhilah, S.Psi., M.Psi.

Di akhir penyampaian materi, Kedua pemateri tersebut membuka sesi tanya jawab dengan peserta rakor Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba.

Sebagai penutup kegiatan, Seksi P2M, BNN Kabupaten Donggala membuka diskusi sekaligus memetakan untuk mengikutsertakan 10 orang warga Desa Loli Oge dalam program kegiatan “Intervensi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba” yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed