oleh

Wali Kota Palu Beberkan Kerjasama BPIP

-Daerah-342 views

PENATEGAS – Wali KotaPalu, H. Hadianto Rasyid, SE mengatakan, Pancasila merupakan dasar ideologi bangsa Indonesia yang mengikat kebhinekaan masyarakat. Ungkapan tersebut disampaikan saat menjadi narasumber podcast yang digelar Gen Indonesia secara virtual yang dipandu, Fristian Shamsapeel pembawa acara berita Indonesia, Sabtu, (10/7).

Keterlibatan H. Hadianto Rasyid sebagai narasumber podcast terkait kerjasama yang telah dibangun Pemerintah Kota Palu dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

“Bukan hanya Kota Palu, tapi kita semua. Sebenarnya Pancasila inikan merupakan dasar ideologi bagi kita yang mengikat kebhinekaan kita,” ucapnya

Wali Kota Palu mengemukakan, Pancasila berpengaruh besar dalam perjalanan karakter bangsa yang terbangun sampai saat ini, sehingga sangat penting dan perlu dalam pengalaman maupun penguatan terkait dengan nilai-nilai Pancasila.

Hadianto menuturkan, ada delapan item bentuk kerjasama Pemerintah Kota Palu dan BPIP RI. Yang pertama adalah, penggalian Mutiara Pancasila pada kearifan lokal. Kedua, pembumian nilai-nilai Pancasila untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ketiga, pembelajaran non-formal untuk organisasi kemasyarakatan, forum dan lembaga kemasyarakatan, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya. Empat, pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila melalui Training of Trainer (ToT). Ke Lima, pengembangan kelurahan dan desa berdikari sebagai proses pembudayaan ideologi Pancasila dan gotong royong.

Ke Enam, pelaksanaan pengukuran pelembagaan dan penyusunan langkah dan strategi pembinaan ideologi Pancasila. Ketujuh, pengembangan kerja sama jejaring multi pihak dalam mendorong pengamalan nilai-nilai Pancasila. Dan kedelapan, kegiatan lain sesuai kebutuhan yang disepakati, terang Hadianto.** 

(Sumber : ProkopimKota Palu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.