oleh

Musrenbang RKPD Donggala Sasar Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

-Daerah-150 views

PENATEGAS – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Donggala menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Donggala tahun 2023, di Aula Kasiromu Kantor Bupati, Kamis (31/03).

Kegiatan Musrenbang yang mengusung tema “Peningkatan Kualitas dan Pemerataan Pelayanan Dasar Serta Pengelolaan Potensi Ekonomi Daerah, Guna Meningkatkan Kualitas Hidup Dan Kesejahteraan Masyarakat”, dibuka Bupati Donggala, Dr. Kasman Lassa, S.H., M.H.

Bupati Donggala Dr. Kasman Lassa, SH., MH, dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang pada tahun ini (2022) memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan penjabaran dari RPJMD Kabupaten Donggala periode 2019-2024.

“Saya meminta meminta dukungan dari semua pihak dalam upaya bersama-sama membangun kabupaten yang kita cintai ini,” ucap Bupati Dr. Kasman Lassa.

Berkaitan dengan kondisi saat ini lanjut Dr. Kasman Lassa diperkirakan pada tahun 2023, mendatang yang perlu menjadi perhatian bagi semua adalah isu strategis yang sedang dan akan dihadapi oleh Kabupaten Donggala. Diantaranya yaitu, menjadikan Kabupaten Donggala sebagai kawasan pangan nusantara dan menjadikan Kabupaten Donggala sebagai destinasi wisata yang representatif bagi wisatawan dari Ibu Kota Negara (IKN).

“Isu strategis dan RPJMD Kabupaten Donggala tahun 2019-2024, memperhatikan rancangan, tema pembangunan nasional dan Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023 dengan menggunakan Holistik-Tematik dan Integratif,” ucapnya.

Melalui kesempatan yang sangat baik, Bupati Donggala mengajak seluruh lembaga dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama “Mewujudkan Donggala, Maju Sejahtera dan Berdaya Saing,” yang akan dilaksanakan melalui perwujudan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal daerah, yang berdaya saing dan pelayanan publik yang profesional berbasis teknologi informasi dan penyelenggaraan tata pemerintah daerah yang baik (Good Local Governance).

Dalam proses menyusun RKPD tahun 2023, saya minta agar seluruh pimpinan dan aparatur perangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikir lebih terbuka, memiliki visi ke depan, terintegratif dan inovatif,” terang Dr. Kasman Lassa.

Bupati Donggala berharap, penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2023 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, menjawab isu-isu strategis yang ada serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Donggala secara tepat dan strategis.

Berkaitan dengan Musrenbang tahun 2022, Kepala Bappeda Kabupaten Donggala, Ir. Gosal Syah Ramli, M. Si, menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya Musrenbang dilaksanakan yaitu, menyepakati program, kegiatan pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.

Melakukan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten, dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan dan forum perangkat daerah.

Adapun peserta Musrenbang yang hadir kata Kepala Bappeda, terdiri dari Pimpinan OPD, Forkopimda Kabupaten Donggala, Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah,
Pimpinan Bank, BNN Donggala, camat, Kepala Desa serta perwakilan masyarakat se-Kabupaten Donggala.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed