Masyarakat Segel Kantor Lurah Tondo

Daerah813 views

PENATEGAS – Masyarakat Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Kelurahan Tondo menggelar unjuk rasa dan menyegelan Kantor Kelurahan Tondo, Senin (14/8/23).

Penghentian sementara aktivitas pelayanan kepada masyarakat dipicu setelah Kepala Kelurahan Tondo, Perdin, S.Sos., M.Si dinilai tidak netral dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan di Kelurahan Tondo. 

Aliansi Masyarakat Kelurahan Tondo dalam orasinya dipimpin Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Tondo, Rahmat Hidayat Samudra, S.AP meminta kepada Walikota Palu mengganti Perdin sebagai Lurah Tondo. 

“Kami meminta segera mengganti Lurah Tondo agar pelayanan pemerintahan di kelurahan dapat berjalan seperti biasanya,” ucap Rahmad Hidayat Samudra di depan Camat Mantikulore, Ridwan Mustapa, S.Sos. M.Adm. KP. 

Selain orasi tersebut, Aliansi Masyarakat Kelurahan Tondo juga menyerahkan selebaran atas tuntutannya yang ditandatangani Koordinator Pengunjuk Rasa , Muh. Rizal dan Ketua LPM Kelurahan Tondo, Rahmat Hidayat Samudra.

“Berkaitan dengan Kepemimpinan Lurah Tondo yang baru menjabat dan sesuai dengan Tugas dan Fungsi serta Kewenangan Lurah yang seharusnya mampu bersikap netral dan tidak menyalahgunakan kekuasaannya dan mampu membangun komunikasi yang baik dengan tokoh-tokoh masyarakat.

Oleh karena itu kami dari Aliansi Masyarakat Kelurahan Tondo beserta seluruh tokoh masyarakat melalui rapat resmi tadi malam dan aksi hari ini memohon kepada Bapak Walikota Palu untuk segera memberhentikan Lurah Tondo dengan alasan:  

1. Bahwa Bapak lurah tidak Netral terhadap persoalan lahan HGB karena menerimalahan HGB yang diberikan oleh oknum seluas 3 Hektar sebagaimana terlampir.

2.Tidak Komunikatif dan tidak menjalin silaturahmi yang baik dengan tokoh-tokoh Masyarakat yang ada di Kelurahan Tondo. Dengan alasan tersebut diatas kami memohon Kepada Bapak Walikota Palu untuk menyahuti aspirasi kami yaitu memberhentikan dan mengganti segara Bapak Lurah Tondo.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas kerjasamanya Kami ucapkan Terima Kasih. Tondo, 14 Agustus 2023”.

Bersamaan dengan tuntutan tersebut, Camat Mantikulore, Ridwan Mustapa yang menerima pengunjuk rasa mengatakan, sangat menghargai aspirasi dan tuntutan Aliansi Masyarakat Kelurahan Tondo yang telah menyampaikan kekecewaannya terhadap kinerja Lurah Tondo. 

“Kami segera menyampaikan aspirasi ini kepada Walikota. Terkait dengan pelayanan administrasi masyarakat Kelurahan Tondo tetap dijalankan, meskipun memakai gedung kecil di sebelah Kantor Kelurahan,” terangnya.

Setelah mendengar penyampaian Camat Mantikulore, Ridwan Mustapa dan melakukan mediasi bersama perwakilan pengunjuk rasa, massa berangsur -angsur bubar dengan tertib.

Hingga sore, Senin (14/8/23) kantor Kelurahan Tondo masih tersegel. Rencananya, Kantor Lurah Tondo akan dibuka kembali setelah ada keputusan dari Walikota Palu, Hadianto Rasyid, S.E tentang pergantian Perdin sebagai Lurah Tondo.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed