DPPKB Donggala Akan Sosialisasikan MKJP

Daerah163 views

PENATEGAS – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Donggala terus melakukan penyuluhan terkait penggunaan alat kontrasepsi kepada masyarakat.

Kepala Dinas PPKB Kabupaten Donggala, Drs. H. Lasamudia Dalili, M.Si mengatakan, kegiatan sosialisasi dan penyuluhan alat kontrasepsi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) terus dilaksanakan di 16 Kecamatan di Kabupaten Donggala guna mengatur jarak kehamilan pada Pasangan Usia Subur (PUS).

“MKJP adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang meliputi alat kontrasepsi dalam rahim IUD, Implan dan kontrasepsi mantap MOW dan MOP, kata Lasamudiadi ruang kerjanya, Senin (23/5).

Kadis PPKB Donggala menjelaskan, alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) juga merupakan alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda, menjarang kankehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang, yang meliputi IUD (intra uterine device), implant (susuk KB) dan kontap (kontrasepsi mantap).

Selain itu, esensi tugas program Keluarga Berencana (KB) dalam menurunkan total fertility rate (TFR) diharapkan dapat mengurangi beban pembangunan demi terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan bagi rakyat yang madani.

“Apalagi pelayanan program KB pelaksanaannya senantiasa terintegrasi dengan kegiatan kelangsungan hidup ibu, bayi dan anak serta penanggulangan masalah kesehatan dan kesetaraan gender sebagai salah satu upaya pemecahan hak-hak reproduksi kepada masyarakat,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed