Diskan Donggala Siapkan Ikan Segar 1,7 Ton

Daerah372 views

PENATEGAS – Dinas Perikanan Kabupaten Donggala menyiapkan, 1,7-ton Ikan segar dan sejumlah kegiatan lomba guna memeriahkan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke 10 yang digelar di Desa Pangalasiang Kecamatan Sojol, Selasa (21/11/23).

Kegiatan yang digelar selama dua hari sejak tanggal 20 – 21 November 2023, diawali dengan lomba diantaranya, lomba mancing ikan, lomba atraksi perahu, lomba keahlian menangkap sidat rano dan talaga, lomba menggambar tingkat Sekolah Dasar, lomba kreasi gemarikan, lomba makan ikan, lomba usaha olahan Perikanan, lomba masak serba ikan pasar murah dan stand up comedy.

“Selain penyediaan 1,7-ton ikan segar kami juga menyiapkan hasil tangkapan ikan pacing berupa spesies ikan kakap, dan hasil budidaya udang vaname dari Desa Ogoamas Kecamatan Sojol Utara dan Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Donggala, Ali Assegaf, S.Pi., M.H.

Diskan Donggala Siapkan 1,7 Ton Ikan Segar
Kadis Perikanan Kabupaten Donggala, Ali Assegaf, S.Pi., M.H
di Pasar Murah Ikan Segar di Desa Pangalasian

Kadis Perikanan menyebutkan, besarnya hasil yang didapatkan dari nelayan dan petani tambak tidak terlepas dari bantuan pemerintah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

Sembari mengisi waktu dalam kegiatan tersebut, Kadis yang di kenal dengan sapaan Ali, menambah satu lomba lagi yaitu, lomba menebak ciri -ciri ikan tidur dan specisnya kepada masyarakat yang hadir di Harkannas.

Diskan Donggala Siapkan 1,7 Ton Ikan Segar
Kadis Perikanan Kabupaten Donggala, Ali Assegaf saat memeriksa Ikan Tuna di pasar Murah Ikan Segar dalam rangka Memeriahkan Harkannas Ke 10 di Kabupaten Donggala.

Ali mengisahkan pertanyaan ini dibutuhkan, karena sampai saat ini belum ada penelitian atau buku terbit menjelaskan tentang ciri – ciri ikan tidur. Melalui kesempatan tersebut sehingga kadis meminta kepada warga untuk menjawab.

Ada tiga orang peserta diberikan kesempatan untuk menjawab. Dari tiga orang peserta masing -masing menyebutkan ciri – ciri ikan tidur. Namun satu diantara peserta dinyatakan jawaban benar. Pasalnya, jawabannya mirip dengan jawaban yang disampaikan masyarakat Desa Rano Kecamatan Balaesang Tanjung dan Desa Lero Tatari Kecamatan Sindue beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa ciri – ciri ikan tidur untuk spesies baronang tidur dengan posisi miring di kumpulan rumput laut, tidak banyak bergerak dan tidak merespon ketika di dekati.

Diskan Donggala Siapkan 1,7 Ton Ikan Segar
Kadis Perikanan Kabupaten Donggala bersama pemenang jawaban ciri -ciri Ikan tidur.

Meskipun hanya satu orang peserta yang dianggap jawabannya benar oleh Kadis Perikanan bersama masyarakat setempat namun, ketiga peserta mendapat hadiah berupa uang tunai yang nilainya fantastis dari saku Ali Assegaf.

Sebagai Kadis Perikanan Kabupaten Donggala, Ali Assegaf berharap masyarakat Kecamatan Sojol khususnya warga Desa Pangalasian perbanyak konsumsi ikan, karena ikan untuk generasi emas yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed