Dinsos Donggala Upayakan Korban Sambar Petir Terima Santunan

Daerah215 views

PENATEGAS – Dinas Sosial Kabupaten Donggala mengupayakan memberikan bantuan kepada korban tersambar petir saat curah hujan dan kilat mengguyur Desa Minti Makmur Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala.

Korban kakak beradik yang tersebar petir salah satunya meninggal dunia sebelum mendapat perawatan intensif di Puskesmas Lalundu 3.

Korban atas nama, Iluh Gita Dea Rahayu, pelajar Sekolah Menengah Tingkat Atas Negeri (SMAN) 1 Rio Pakava ditemukan meninggal dunia. Sementara adiknya, Ayu Kertiani siswi kelas 8 di Sekolah Menengah Tingkat Pertama Negeri (SMPN) 1 Rio Pakava di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabelota Kabupaten Donggala untuk mendapatkan perawatan intensif.

Mendengar kejadian tersebut, Dinas Sosial Kabupaten Donggala langsung menghubungi keluarga korban yang saat itu berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabelota Kabupaten Donggala.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Donggala, Zubaedah, S.Kep., M.M langsung menjenguk korban dan turut belasungkawa atas kejadian itu.

Setelah menyerahkan bantuan berupa perlengkapan sandang kepada keluarga korban, Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial berupaya agar keluarga korban yang meninggal dunia secepatnya mendapat bantuan santunan duka dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (KEMENSOS RI).

“Kita akan berupaya memberikan santunan duka untuk keluarga korban. Saat ini kita memproses dan melengkapi administrasi untuk diusulkan ke Kementerian Sosial, agar keluarga korban secepatnya dapat terbantu atas musibah ini,” ucap Zubaeda di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Donggala, Rabu (06/12/23).

Kejadian yang berawal dari hujan deras disertai kilat di Desa Minti Makmur Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala pada hari Selasa, 5 Desember 2023, sekira pukul 15.30 Wita, ternyata membawa korban jiwa.

Cahaya kilat yang bertepatan dengan suara ledakan guntur melintas di depan rumah korban. Sontak terdengar suara tangisan ternyata korban, Iluh Dea Gita Rahayu ditemukan telah meninggal. Sementara adik, Ayu Kartiati ditemukan tidak sadarkan diri setelah tersambar petir.

Menurut keluarga korban, Iluh Dea Gita Rahayu dan adiknya Ayu Kartiati sempat dilarikan ke Puskesmas Lalundu 3, namun korban Iluh Dea Gita Rahayu dipulangkan untuk disemayamkan di rumah duka, sedangkan adik Ayu Kartiati di hari yang sama langsung dirujuk di RSUD Kabelota Donggala. ***

 

News Feed