oleh

Dinas Perhubungan Donggala Gelar FGD Pembangunan Pelabuhan

-Daerah-812 views

PENATEGAS – Guna mempercepat pelaksanaan pembangunan Pelabuhan Donggala, Dinas Perhubungan Kabupaten Donggala menggelar Forum Group Discussion (FGD) di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Kamis (17/6).

FGD yang dibuka Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, S.H., M.H dihadiri Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin, S. Sos, M.Ap, Pimpinan OPD, Camat Banawa, Lurah, Konsultan dari Perhubungan Laut, tokoh masyarakat, pemilik dan pengelola cafe di sekitar Anjungan Gonenggati serta Nelayan.

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH., MH, saat membuka FGD konsultasi publik mengatakan, proses pembangunan pelabuhan Donggala dilalui cukup panjang. Dimulai dari tingkat daerah hingga ke pusat, akhirnya Kabupaten Donggala memperoleh suatu keberkahan dengan ditetapkannya lokasi pembangunan Pelabuhan Donggala di Anjungan Gonenggati Kecamatan Banawa, sebagai lokasi pengembangan dan pembangunan.

Menurut Bupati konsultasi publik yang digelar merupakan salah satu syarat penyusunan dokumen Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), yang harus dipenuhi dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan pengembangan Pelabuhan Donggala.

Melalui kesempatan tersebut Bupati berharap, pembangunan pelabuhan Donggala dapat membuka lapangan kerja baru guna membangkitkan perekonomian masyarakat Kabupaten Donggala.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II teluk Palu, Mursidi, SE., ME, yang hadir dalam FGD menyampaikan, bahwa pembangunan pelabuhan Donggala adalah dampak bencana alam tahun 2018 silam di wilayah Kota Palu dan sekitarnya termasuk Kabupaten Donggala menyebabkan kerusakan, terutama pada fasilitas penting yang memajukan perekonomian.

“Fasilitas umum, yang sangat berdampak pada bencana adalah Pelabuhan Donggala dan Pelabuhan Wani yang memiliki peran besar bagi perekonomian khususnya di Kabupaten Donggala,” ucap Mursidi.

Sebagai KSOP, Mursidi menjelaskan, Pemerintah terus berupaya untuk melakukan pemulihan terhadap fasilitas umum dengan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi guna membangun kembali perekonomian daerah salah satunya adalah Kabupaten Donggala.

olehnya itu maka pemerintah membangun salah satu aset yang penting yaitu pelabuhan Donggala sebagai pintu gerbang perekonomian di Kabupaten Donggala, tuturnya

Di akhir Konsultasi Publik FGD, Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala bersama masyarakat merespon positif dan mendukung penuh atas dibangunnya pelabuhan Donggala di Anjungan Gonenggati. (Adam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.