oleh

Bupati Donggala Mengawali Suntikan Vaksin Covid -19

-Daerah-1.236 views

PENATEGAS – Pencanangan vaksinasi Covid-19 pada pejabat pelayanan publik Kabupaten Donggala digelar di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Kamis (04/03).

Pada pencanangan Vaksinasi Covid -19, Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, SH., MH, mendapatkan suntikan pertama dilanjutkan dengan pejabat pelayanan publik di jajaran pemerintah Kabupaten Donggala.

Sebelum pelaksanakan vaksinasi, Kepala Dinas Kesehatan, Muzakir Ladoali, S. Sos, M.Si menyampaikan dasar pelaksanaan vaksinasi yang merujuk pada keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor : HK.02.02/4/423/2021, tanggal 18 Februari 2021 tentang petunjuk teknis pelayanan Vaksinasi Covid-19 dan Keputusan Bupati Donggala Nomor: 188.45/038/DINKES tanggal 13 Januari 2021 tentang tim Vaksinasi Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi pada kelompok sasaran pelayanan publik Lanjut Kadis Kesehatan Donggala, dilaksanakan serentak baik di tingkat Kabupaten maupun ditingkat kecamatan se-Kabupaten Donggala. dan Untuk vaksinasi tahap II, dosis pertama dilakukanselama bulan Maret dengan jumlah sasaran 1347, kata Muzakir

Dalam mendukung pelaksanaan vaksinasi tahap II dosis pertama diberikan kepada pejabat pelayanan publik seperti sarana fasyankes sebagai tempat pelayanan vaksinasi di dua rumah sakit, RSUD Kabelota Donggala, RSUD Pratama Tambu dan 18 Puskesmas yang tersebar di 16 kecamatan Kabupaten Donggala, ucapnya.

Sementara Petugas Nakes atau vaksinator di Kabupaten Donggala yang telah dilatih dalam melaksanakan vaksinasi berjumlah 106 tenaga kesehatan, yang terdiri dari 5 Tenaga Kesehatan (Nakes) di RSUD Pratama Tambu, 11 orang di RSUD Kabelota Donggala dan 90 orang di Puskesmas Se-Kabupaten Donggala.

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH., MH dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa program vaksinasi tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas dari Covid-19 dan tidak serta merta menggantikan implementasi protokol kesehatan.

Bupati Kasman menghimbau agar selalu menerapkan 4 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan) dan membudaya 3 T (Tracing, Testing dan Treatment), saat ini, maupun setelah menjalani vaksin, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 sekaligus sebagai upaya pemulihan pasienpositif Covid-19.

Bupati Donggala menekankan, kepada Gugus Tugas Covid-19, untuk terus melakukan monitoring pasca imunisasi, dengan menerapkan prinsip pengobatan berbasis bukti dan pendekatan persuasif kepada masyarakat sebagai subjek penerima vaksin, yang dimulai saat ini dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara massive.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan bekerja secara ikhlas dalam setiap tahapan vaksinasi sebagai upaya menjadikan kesehatan pulih, ekonomi bangkit. “Mari kitasukseskan Vaksinasi Covid-19 untuk melindungi diri dengan slogan isemapamaipiapa ravaksin,” ucap Bupati Kasman.

Dalam pelaksanaan proses penyuntikan Vaksinasi Covid-19, Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, S.H., M.H, pertama menerima suntik Vaksin Covid-19, kemudian disusul Wakil Bupati Moh. Yasin, S. Sos, Sekretaris Daerah Dr. Rustam Efendi, S. Pd, S.H., M.Ap, Ketua DPRD, Takwin Tenggo, S.Sos.I, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Forkopimda dan Kepala Bagian di jajaran pemerintah Kabupaten Donggala. (adam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.