oleh

Satgas K5 Tondo Giring Mobil Buang Sampah Sembarangan

-Daerah-1.361 views

PENATEGAS – Satuan Tugas Kebersihan, Keindahan, Ketertiban, Keamanan dan Kenyamanan (Satgas K5) Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, mengiring satu unit mobil Daihatsu tipe Gran Max ke Kantor Lurah Tondo untuk mendapatkan sanksi tegas setelah ditemukan membuang sampah di areal yang telah dipasang spanduk larangan buang sampah di depan Kampus Universitas Tadulako (Untad),Kamis (4/3).

Mobil Gran Max Nomor Polisi DP 8159 DA yang dikemudikan Abbas (47), warga Kelurahan Tondo dijaring dan langsung digiring ke Kantor Lurah Tondo guna mendapatkan sanksi di depan para tokoh yang terlibat dalam Satgas K5.

Kepala Kelurahan Tondo, Musidin Siraj, S.Sos. M.Si yang konfirmasi diruang kerjanya, membenarkan kejadian tersebut. Menurut Lurah Tondo, untuk sementara pihaknya sepakat hanya memberikan surat pernyataan dengan sanksi mengambil kembali sampah material bangunan yang dibuang bukan pada tempatnya.

“Ini pelajaran bagi masyarakat yang ditemukan buang sampah bukan pada tempatnya. Ke depan apabila ditemukan lagi ada masyarakat yang buang sampah bukan pada tempatnya maka kami berikan sanksi tegas sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Palu, nomor 3 tahun 2016, atas perubahan perubahan Perda Kota Palu, nomor 11 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah dengan sanksi denda senilai Rp.50 juta atau kurungan penjara selama enam bulan,” ungkap Lurah Tondo.

Sementara Bagi warga yang membuang sampah rumah tangga sembarangan tambahnya, akan diberikan sanksi denda senilai Rp.250 ribu. Hal ini telah sejalan dengan Perda yang dimaksud. Namun jika ada warga membuang sampah yang memiliki unsur berbahaya seperti racun dan sejenisnya dengan volume besar maka dikenakan denda sebesarRp. 50 juta, tegasnya.

Mursidin Siraj menambahkan, dalam rangka penerapan Perda pengelolaan sampah, Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid, S.E dan Wakil Walikota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK., M.Kes telah menitip pesan kepada seluruh lurah di Kota Palu untuk memperhatikan kebersihan. ”Pak Walikota telah menyampaikan kepada seluruh lurah dalam rapat, akan melakukan Sidak kebersihan pada hari Sabtu di seluruh kelurahan,” ucap Mursidin.(yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.