Kesiapan Dua Pelabuhan Penyangga IKN Ditinjau

Daerah23 views

PENATEGAS – Kesiapan pemerintah Kabupaten Donggala menjadi salah satu daerah penyangga Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, mendapat kunjungan Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura, Senin (8/03/24).

Didampingi Penjabat (Pj) Bupati Donggala, Moh. Rifani, Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura melihat langsung dua proyek pembangunan dermaga di Kabupaten Donggala yang rencanannya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Gubernur Sulteng menjelaskan, kedua pelabuhan yang ada di Kabupaten Donggala telah dipersiapkan dengan baik, terkhusus lokasinya yang berhadapan langsung dengan IKN, sehingga menjadi sangat strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi kemaritiman di kawasan Indonesia Timur.

“Selat Makassar merupakan poros lalu lintas distribusi logistik dan perdagangan di kawasan Indonesia Timur, sehingga nantinya dalam menopang IKN, lalu lintas distribusi logistik memotong di selat Makassar, tentunya hal ini bisa terwujud dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan,” ucapnya.

Gubernur, Rusdy Mastura menyebutkan, telah menyiapkan dua pelabuhan yang akan diresmikan yakni pelabuhan Donggala yang berada di Kecamatan Banawa, khusus untuk penumpang, sedangkan Pelabuhan Wani di Kecamatan Tanantovea khusus untuk ternak dan muatan sayur-mayur.

Sementara itu di tempat yang sama, Pj. Bupati Donggala, Moh. Rivani menyatakan bahwa pihaknya telah siap dalam peresmian kedua pelabuhan tersebut.

“Persiapannya hampir matang, tinggal pembenahan-pembenahan kecil saja hingga kedua pelabuhan tersebut siap diresmikan oleh Presiden. Besok, Gubernur akan melaksanakan rapat bersama tim dari pusat untuk menjadwalkan kunjungan mereka ke Kabupaten Donggala,” ujarnya.

Terkait itu, Moh. Rifani berharap melalui sinergi beberapa pihak, seperti Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Donggala serta Kementerian PUPR bisa meningkatkan mutu jalan di Kabupaten Donggala yang dikenal sebagai kota wisata.

“Hal itu supaya pelancong dari IKN dapat merasa nyaman saat akan menikmati panorama Sunset City yang memesona di Kabupaten Donggala,” tutupnya.

Hadir dalam kunjungan Gubernur Sulteng, Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Rustam Effendi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Muhammad Ali, Kepala Dinas Perhubungan, Happy Sri Handayani Noor, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Teluk Palu, Alex, serta jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

News Feed