oleh

DPPKB Implementasikan Delapan Fungsi Keluarga

-Daerah-338 views

PENATEGAS – Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (Kabid Dalduk), Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Donggala, Drs. Usman Dg. Nampa, M.Si mengatakan, Keluarga adalah institusi terkecil yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Tak ada manusia satupun di dunia ini yang tidak mempunyai keluarga, dapat dipastikan bahwa setiap orang yang lahir mempunyai keluarga.

Hal tersebut disampaikan Usman Dg. Nampa saat membuka pertemuan Kelompok Kerja Kampung Keluarga Berencana mewakili Kepala Dinas PPKB, Drs. Lasamudia Dalili, M.Si di Desa Tongolobibi Kecamatan Sojol, belum lama ini.

Menurut Kabid Dalduk, kegiatan Forum Musyawarah Kampung KB melibatkan Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina KeluargaLansia (BKL).

Dalam pertemuan tambah Usman Dg, Nampa menyampaikan Implementasi struktur Kampung KB terhadap delapan fungsi keluarga yaitu, Fungsi Agama, Fungsi Sosial Budaya, Fungsi Cinta Kasih Sayang, Fungsi Perlindungan Fungsi Reproduksi, Fungsi Sosialisasi Pendidikan, Fungsi Ekonomi dan Fungsi Lingkungan.

“Semua fungsi ini dipaparkan kepada tri bina yakni, BKB, BKR dan BKL yang akan dilakukan intervensi kepada dinas terkait dalam rangka menangani permasalahan keluarga yang ada di Kampung KB. Dengan adanya Kampung KB di desa secara langsung dapat meningkatkan kualitas keluarga secara nasional, tuturnya

Usai melakukan pertemuan, kegiatan dilanjutkan dengan pelayanan KB gratis di Puskesmas Posi H. Abd Gani Tonggolobibi.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Puskesmas, Abdul. Rasjid L. Tabanal, S. KM Bersama kepala Bidang KB DPPKB Kabupaten Donggala, Listiyawati, SE, M.AP, Koordinator Penyuluh Kecamatan Sojol, Abd. Hamid, A. Md. Kep, dan perwakilan Perwakilan Generasi Berencana (GENDRE) Kabupaten Donggala membuka langsung pelayananan KB gratis untuk warga kurang mampu di Desa Tongolobibi. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.