oleh

BUMDes Penggerak Pembangunan Ekonomi Desa

-Daerah-267 views

PENATEGAS – Pemerintah Daerah (PEMDA) Kabupaten Donggala bekerjasama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Palu, menggelar sosialisasi pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dalam rangka membangun kemandirian ekonomi desa di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Selasa (18/01).

Sosialisasi yang dibuka Bupati Donggala, Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH dalam sambutannya mengatakan, BUMDes merupakan Badan Usaha Milik Desa, dalam artian mencari apa yang bisa diinvenstasikan didesanya.

“sebagai contoh, kalau di desa, itu ternyata menghasilkan beras, maka beras tersebut jangan diberikan untuk orang luar, akhirnya yang terjadi masyarakat kita beli beras di luar Donggala, kan itu keliru yang benarnya yaitu BUMDes yang menampung atau mengkapling semuanya, olehnya sekarang kecamatan yang banyak sawahnya harus memprogramkan gudang beras,” kata Bupati Donggala.

Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Donggala, Dr. Kasman Lassa mengharapkan, kiranya BUMDes yang ada, dapat memanfaatkan potensi desa dan memaksimalkan pemahaman dalam pengelolaan menejemen BUMDes dengan baik dan benar berdasarkan aturan yang berlaku, sehingga menjadi penopang desa yang mandiri.

“Apa yang menjadi Visi dan Misi Kabupaten Donggala dapat terimplementasikan dengan baik melalui pengelolaan BUMDes yang baik,” terangnya.

Bupati mengemukakan, ke depan BUMDes harus membangun kemandirian desa melalui ekonomi, sehingga BUMDes betul – betul menjadi mitra kerja kepala desa yang mampu membiayai desa dan menyejahterakan rakyatnya.

Bupati Kasman meminta kepada BUMDes, agar tahun 2022, para pengurus telah merubah program, tentunya ini di dukung oleh Peraturan Desa (PERDES), sebagaimana payung hukum, agar hasil bumi yang ada di desa dapat dimanfaatkan.

“Kepala Desa harus membuat Perdes, ini penting bagi desa guna memberi penguatan hukum agar tidak ada lagi hasil bumi yang ke luar dari desa, kecuali yang dikelola oleh BUMDes”, tegas Bupati Donggala.

Sebagai penutup dalam sambutannya, Bupati Kasman meminta agar BUMDes dengan kepala desa bersatu dalam cara berpikir, karena BUMDes sebagai motor penggerak pembangunan ekonomi di desa dan kepala desa sebagai pengambil keputusan.

Hadir dalam sosialisasi BUMDes, Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Asisten, Kepala Dinas PMD, Kepala BPKAD, Kepala BRI Cabang Palu, Kepala BRI Cabang Donggala dan Camat, Kepala Desa serta Ketua BUMDes se-Kabupaten Donggala.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.