oleh

Keindahan Tanah Lot ada di Dampelas

-Daerah-1.349 views

Penategas – Kabupaten Donggala yang dikenal dengan daerah wisata laut memang sangat fantastis. Namun, dibalik semua itu tempat tersebut banyak yang terabaikan karena, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional untuk menggali kekayaan alam yang beraneka ragam.

Di wilayah Kecamatan Dampelas, ada beberapa tempat wisata yang sangat indah, namun belum seluruhnya dapat tersentuh oleh pemerintah bahkan sebagian besar belum terjamah sama sekali padahal, jika dikelola sangat memberikan keuntungan besar untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Salah satu objek wisata yang yang ada di Desa Sabang Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala adalah Pantai Bambahano. Di tempat ini telah lama dijadikan tempat wisata bagi masyarakat Dampelas bahkan, kerap dikunjungi warga Kota Palu yang mengisi waktu libur, karena memiliki daya tarik sendiri.

“Pantai Bambahano memiliki keanekaragaman tersendiri. Tempat itu sangat indah karena memiliki karang yang berbentuk tebing, bagaikan Tanah Lot di yang kerap menjadi pembicaraan hangat bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara,”kata H.M. Arif Panungkul.

Di Pantai Bambahano, para pengunjung dapat menikmati matahari sore, tempatnya indah karena memiliki pasir putih yang menghampiri tiga karang yang tersusun rapi.

Pantai Bambahano selain memiliki keanekaragaman yang unik, juga sangat cocok dijadikan tempat olahraga air diantaranya ski, memancing ikan dan olahraga air lainnya.

Suasana indah itu dapat dinikmati para wisatawan karena tempatnya teduh oleh pepohonan yang ada di sepanjang pinggir pantai.

Selaku mantan Camat Dampelas, H.M. Arif Paanungkul sangat merespon jika wilayah itu dijadikan tempat wisata karena, selain tempatnya memiliki ciri khas sendiri, tempat itu juga dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kerap disapa Arif menuturkan, suasana di Pantai Bambahano mirip dengan tempat wisata yang ada di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, Bali karena, memiliki tebing dan pulau kecil yang dapat dinikmati saat air laut surut.

“Saat masa liburan tempat ini menjadi tujuan utama masyarakat yang ada di Kecamatan Dampelas. Masyarakat jadikan tempat wisata karena memiliki ciri khas yaitu tebing yang ditumbuhi pohon kecil. Susana itu sangat asyik dijadikan tempat memancing ikan,”ucapnya.

Sore hari itu memang sangat indah, nampak beberapa kapal nelayan melintas membawa hasil jaringnya. Beberapa pengunjung terlihat asyik berenang menikmati air laut yang telah pasang.(yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.